Header Ads

Hanya Tidak Mengerti Caranya jadi Orang Baik

Orang baik? emang ada? wah masa sih ada? cuman di kisah-kisah fiksi kali(?)



Pertanyaan-pertanyaan yang gak bisa dijawab dengan tepat. Kenapa? karena definisi orang baik tiap orang itu berbeda, gw pribadi sih masih bingung "gimana sih caranya jadi orang baik?" itu pertanyaan yang selalu gak bisa gw jawab. Sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan baru dalam mencari-cari jawaban dari pertanyaan itu. Berikut ini nih pertanyaan-pertanyaan yang "nongol" untuk menjawab pertanyaan tersebut:


1. Jadi baik? mungkin dengan tidak merugikan orang lain?

                                                                                  Sumber gambar :http://pbs.twimg.com
    Ya ini sih alasan paling masuk akal. Karena dengan tidak merugikan orang lain, kita tidak merugikan orang lain (apaansyik). Tapi gw pernah melakukan sesuatu yang tidak merugikan orang lain seperti diam dan tidak berbicara saat bersama teman-teman atau kerabat, malah dibilang : sombong, nahan berak (temen brengsek nih), gak ngerti bahasa, belom bisa ngomong, belom bisa ngomong bahasa. ah udahlah, emang gw salah kalo diem? kan tidak merugikan orang lain?

2. Dengan terus membantu sesama?

    Membantu sesama? oke itu hal yang baik. Karena dengan membantu orang lain, maka kita meringankan beban orang itu. Ya tergantung sih lu bantuinnya gimana? kalo bantuin gebukin temen lu sendiri mah. Ya bagus! (temen brengsek nih). Tapi pernah suatu ketika gw bantuin temen gw ngerjain tugasnya, eh dia malah terus-terusan minta gw untuk mengerjakan tugasnya. Apakah ini baik(?) setelah gw pikir-pikir dan kulik-kulik, ternyata baik ama bodoh itu gak jauh beda! ya kalo terus-terusan gw ladenin, enak di dia donk! ah.

3. Baik itu sabar?
                                                                                  sumber gambar : http://m.memegen.com
    Sabar, kata yang paling sering kita dapat jika kita tertimpa masalah dan terkesan klise. "Sabar ya bro" kata yang paling gak guna menurut gw! gak ada ngebantu sama sekali.
Gw pernah sabar, waktu itu gw ditabok bocah pas lagi main warnet. Tabokan pertama, gw sabar (wajar bocah). Tabokan kedua, gw sabar lagi (bocah), Tabokan ketiga, gw gak kenal sabar! siapa sabar?! gw gak kenal sabar! (bocah brengsek!) gw tabok lah bocah setan itu. Ternyata bocah itu adalah anaknya OP(operator) Warnet, diusir lah gw. Selesai. Sekali lagi, sabar sama bodoh itu gak jauh beda!

4. Baik itu suka memberi?

                                                                                sumber gambar : http://merdeka-online.com
    Memberi? ya memberi yang gw maksud adalah memberi bantuan dalam bentuk materi(uang, barang, dsb) yak, bukan memberi dalam arti luas karena kalo luas, CINTA AKU KE KAMU! EAAAAAAA (plak!). Ya, gw pernah nih punya temen begini. Bagaimanapun kondisi dia, dia tetap mau memberi. Gw salut ama doi, pernah gw lagi gak punya duit buat makan, dia ngasih gw duit. Tapi bukan buat makan, buat pulang! malu-maluin! mending dirumah sana makan!(temen brengsek nih).
Gw coba praktekin, temen gw lagi gak punya uang gw pinjemin duit. Gak gw tagih, ikhlas, gak dibayar juga gak masalah. Eh pas gw lagi gak ada duit, dia menghilang gak karuan. Disaat dia gak ada duit, dateng lagi ke gw. Apa ini yang dinamakan baik? gw rasa nggak, sekali lagi baik sama bodoh itu gak jauh beda.

5. Baik itu tidak menyakiti hati orang lain?

    Iyak ini betul! jangan nyakitin hati donk.. kan sakit tauk (curcol). Menurut gw ini hal yang paling benar. Tapi ada masalah dimana lu gak ada niat nyakitin hati orang, tapi orang itu merasa sakit hati karena kita. Kalo begini mau diapakan lagi? minta maaf? ya gw juga bingung kali minta maaf kenapa?. Orang begini yang biasanya disebut baperan, ya dia sakit hati karena pemikirannya sendiri. Jadi, bukan salah gw donk? salah pemikiran dia lah. ia nggak? (ia tuh betul tuh) nah bener kan (wah ia tuh bener tuh) tuh kan (ia ih) *efek kelamaan jomblo*

Nah, sebenernya masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang bermunculan dari pertanyaan "gimana sih caranya jadi orang baik?" ya tapi ini aja udah cukup mewakilkan semuanya lah.
Pandangan dari gw sih gini :
    Gak usah berusaha jadi orang baik, cukup menjadi orang yang layak. Karena kalau lu semakin berusaha menjadi orang baik. Semakin tak berujung definisi baik tersebut. Intinya sih Relative.

Sering-sering yak maen ke sini.

No comments